Pecinta Rasululah SAW yang suka Matematika

Kamis, 17 Oktober 2013

Langkah-Langkah Sebelum Membuat Mind Mapping


Langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika akan membuat mind mapping yaitu:[1]
1)        Membaca teks secara keseluruhan
Membaca teks secara menyeluruh maka akan mengetahui isi dari materi. Saat membaca teks beri tanda pada kata-kata yang dianggap penting untuk mencatat di mind map.
2)        Mengenali tipe teks
Tentukan desain yang cocok untuk masing-masing teks, setelah membaca teks maka akan mengetahui desain yang sesuai untuk mind map yang akan dibuat. Secara sederhana sebuah teks dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok:
a)         Komparasi (perbandingan)
Sebuah teks dikategorikan komparasi apabila teks tersebut terdapat perbandingan antara A dan B, antara yang baik dan yang jelek dan sebagainya.
b)        Kronologi atau rangkaian peristiwa
Teks tersebut mempunyai sebuah awal dan akhir yang jelas, misalnya biografi, sejarah dan sebagainya. Desain ini biasanya sesuai dengan arah jarum jam.
c)         Presentasi (paparan)
Teks tanpa permulaan atau akhir yang jelas, kata-kata dipaparkan tanpa urutan yang khusus, maka bisa didesain sesuai dengan keinginan.
3)        Menulis mind map
Tahap ini adalah tahap menulis kata-kata penting pada mind map. Setelah menulis kata utama maka dihubungkan dengan garis hubung pada kata-kata yang menjadi cabang dari kata-kata utama.
Lebih lanjut Tony Buzan menjelaskan bahwa Sebelum membuat mind mapping ada empat bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu, empat bahan itu adalah:[2]
1)        Kertas kosong tak bergaris
2)        Pena dan pensil warna
3)        Otak
4)        Imajinasi


[1]Ingemar Svantesson. 2004.  Learning Maps and Memori Skills. Jakarta: Gramedia, hal. 127
[2] Tony Buzan. Op. Cit., hal. 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar