Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika sangat perlu untuk dikembangkan, agar siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematisnya baik lisan maupun tulisan. Greenes dan Sculman sebagaimana dikutip oleh Wahid Umar mengatakan bahwa komunikasi matematis merupakan: (1) kekuatan sentral bagi siswa dalam merumuskan konsep dan strategi matematik, (2) modal keberhasilan bagi siswa terhadap pendekatan dan penyelesaian dalam eksplorasi dan investigasi matematik, (3) wadah bagi siswa dalam bekomunikasi dengan temannya untuk memperoleh informasi, membagi pikiran dan penemuan, curah pendapat, menilai dan mempertajam ide untuk menyakinkan orang lain.[1]Nacional Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa program pembelajaran matematika sekolah harus memberi kesempatan kepada siswa untuk:[2]
1)
Menyusun
dan mengaitkan berpikir matematis mereka melalui komunikasi.
2)
Mengkomunikasikan
berpikir matematis mereka secara logis dan jelas kepada teman-temannya, guru
dan orang lain.
3)
Menganalisis dan menilai
berpikir matematis serta strategi yang dipakai orang lain.
4)
Menggunakan bahasa
matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara benar.
Nacional Council of Teachers of
Mathematics (NCTM), menyatakan bahwa:[3]
“In
classrooms where students are
challenged to think
and reason about
mathematics, communication is an essential
feature as students express the
results of their thinking orally and in writing”.
komunikasi merupakan
suatu tantangan bagi siswa di kelas untuk mampu berpikir dan
bernalar tentang matematika
yang merupakan sarana
pokok dalam mengekspresikan hasil
pemikiran siswa baik
secara lisan maupun
tertulis.
Nacional Council of Teachers of
Mathematics (NCTM) juga menyatakan bahwa:[4]
“Mathematical communication
means that one
is able to
use its vocabulary, notation, and
structure to express and understand ideas and
relationships. In this
sense, mathematical communication
is integral to knowing and doing mathematics”
Artinya komunikasi matematis
merupakan kemampuan seseorang untuk
menggunakan kosakata, notasi dan struktur matematika untuk menyatakan dan memahami ide-ide serta
hubungan matematika. Komunikasi
matematis merupakan kesatuan untuk memahami dan
melakukan (menerapkan) ilmu matematika.
Menurut sumarmo bahwa komunikasi matematis merupakan aktivitas yang
melibatkan fisik dan metal dalam mendengarkan, membaca, menulis, berbicara,
merefleksikan, mendomentrasikan, menerapkan bahasa dan simbol untuk
mengkomunikasikan ide-ide matematika.[5]Menurut LACOE yang dikutip Mahmudi, mengatakan bahwa komunikasi matematis
mencakup komunikasi lisan dan tulisan. Komunikasi dalam bentuk tulisan dapat
berupa penggunaan kata-kata, gambar, tabel dan sebagainya yang menggambarkan
proses berpikir siswa. Komunikasi dalam bentuk tulisan juga dapat berupa uraian
pemecahan masalah atau pembuktian matematika yang menggambarkan kemampuan siswa
dalam mengorganisasi berbagai konsep untuk menyelesaikan suatu masalah.
Sedangkan komunikasi lisan dapat berupa pengungkapan atau penjelasan secara
verbal suatu ide matematika.[6]
Berdasarkan beberapa
teori di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis merupakan
kemampuan menyatakan ide matematika dalam bentuk penggunaan kata-kata, gambar,
tabel, notasi dan struktur matematika yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau
lisan.
[1] Wahid Umar.
2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Ilmiah Prodi Matematika STKIP Bandung, vol 1, No. 1.
Bandung: STIKP Bandung, hal. 2
[2]National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and
Standards for School Mathematics. Restorn: NCTM, hal, 63
[3]Ibid.
[4]National Council of Teachers of Mathematics. 1989. Curriculum and
Evaluation Standards for School Mathematics. Reston: NCTM, hal. 213
[5]Sumarmo.2005. Jurnal
Pendidikan Matematika UIN Jakarta.Jurnal Algoritma Volume 1 Nomor 2.
Jakarta: UIN Jakarta, hal. 36
[6]Mahmudi.
2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan.
Jurnal MIPMIPA UNHALU Volume 8 Nomor 1, hal. 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar